TOGA, Manfaat Pegagan Untuk Meningkatkan Daya Ingat

PEGAGAN Meningkatkan Daya Ingat

manfaat tanaman obat pegagan

Promkes PKM Tegalrejo, Pegagan telah dikenal luas sebagai obat tradisional di Asia selama ratusan tahun dan sering digunakan sebagai nutrisi otak untuk meningkatkan kemampuan belajar dan menambah daya ingat 9). Dalam Materia medica Cina, tangkai pegagan ditetapkan sebagai bahan pembuat obat

Daun Pegagan juga ditetapkan sebagai obat dalam Farmakope di berbagai negara. Di India, penduduknya sangat senang membuat serbuk dari pegagan yang sudah dikeringkan. Sebuk ini kemudian diseduh dalam air mendidih dan dicampur susu. Khasiatnya adalah untuk mempertajam ingatan dan menyehatkan badan5). Dalam pengobatan ayurveda, pegagan dikenal sebagai salah satu tanaman yang dapat meremajakan sel-sel otak dan sel saraf10).

Tanaman ini juga memberikan efek positif terhadap daya rangsang saraf otak dan memperlancar peredaran darah terhadap pembuluh-pembuluh otak8). Bagian tanaman yang digunakan adalah herba (seluruh bagian tanaman) 4). Zat aktif yang terkandung dalam pegagan antara lain Asiaticoside, Centellose, Bacoside A, Bacoside B, dimana Bacoside B adalah protein yang mampu meremajakan sel otak, menjernihkan pikiran, mengembalikan rasa percaya diri, meningkatkan kecerdasan dan daya ingat9).
Pegagan tidak hanya dikonsumsi orang dewasa, tetapi baik juga dikonsumsi untuk anak-anak usia sekolah yang susah untuk berkonsentrasi atau belajar.

PENELITIAN YANG TELAH DILAKUKAN PADA PEGAGAN
Sebuah percobaan dengan objek tikus yang diberi ekstrak pegagan membuktikan bahwa kapasitas kerja otak tikus tersebut menunjukkan peningkatan 3-60 kali dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi. Ekstrak pegagan juga diberikan kepada anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental, Hasilnya skor tes intelegensianya (IQ) meningkat3). Selain itu uji klinis di India telah membuktikan bahwa ekstrak pegagan dapat meningkatkan IQ, kemampuan mental, serta menanggulangi lemah mental pada anak-anak7).

Maria Rahmasari (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati - ITB) mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak pegagan terhadap kemampuan belajar dan mengingat pada tikus jantan dewasa. Parameter yang diukur adalah jumlah kesalahan dan waktu tempuh dalam mencapai sasaran (alat uji Water-E-Maze). Hasil penelitian menunjukkan tikus yang diberi ekstrak air pegagan, mengalami penurunan jumlah kesalahan menuju sasaran uji dibanding yang tidak diberi ekstrak air pegagan8).
Mahonom Hussin peneliti dari fakultas Ilmu pangan dan Bioteknologi Universitas Putra Malaysia, membuktikan bahwa ekstrak pegagan dapat menurunkan stres5).
Selain itu pegagan juga dapat mempercepat penyembuhan luka, mengatasi tukak lambung, analgesik* danantiinflamasi* serta hepatoprotektor (melindungi hati).1,2,3)

CARA PENGOLAHAN PEGAGAN SECARA TRADISIONAL
1. Cara Godog (Perebusan)
Sekitar 30 - 60g herba segar dicuci, lalu direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa menjadi 1gelas. Setelah dingin diminum sekaligus.
2. Cara giling dan peras
Herba pegagan digiling sampai halus, kemudian peras dan air perasannya diminum.
3.1. Cara Seduh
1 - 2g bubuk kering pegagan, seduh dengan air panas. Setelah dingin diminum sekaligus.
3.2 Dibuat jus .
Biasanya digunakan untuk mengobati keracunan, jus 500-1500 g herba pegagan segar,
4. peras, minum air perasannya.

Seiring kemajuan zaman, pegagan sudah banyak dibuat dalam bentuk ekstrak yang sudah dikemas dalam sediaan kapsul sehingga praktis untuk dikonsumsi.

TIPS UNTUK LEBIH MUDAH BERKONSENTRASI DAN BELAJAR
1. Makan makanan yang mengandung cukup protein (ikan, daging, keju, yoghurt, kacang-kacangan), asam lemak(DHA dan ARA yang dapat diperoleh dari susu/ASI, ikan telur), Sayur-sayuran, buah-buahan.
2. Istirahat cukup (7-8 jam sehari)
3. Berolah raga secara teratur (minimal 1 minggu sehari 25 menit)
4. Istirahat 5 menit setelah otak bekerja keras selama 1 jam
5. Menghindari stres
6. Mengkonsumsi pegagan secara teratur. Untuk mendapat hasil yang maksimal lebih baik mengkonsumsi dalam bentuk kapsul karena dalam bentuk kapsul mengandung ekstrak dengan kandungan zat aktif lebih tinggi sehingga khasiat akan lebih terlihat.