Pertemuan Koordinasi Penjaringan Kesehatan Bagi Anak TK di Wilayah Puskesmas Tegalrejo

Persiapan Penjaringan anak TK di Puskesmas Tegalrejo dengan Guru TK.
Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) adalah kegiatan/pemeriksaan yang bertujuan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang pada Balita dan Anak Pra Sekolah.  Dengan ditemukannya secara dini penyimpangan atau masalah tumbuh kembang pada anak, maka intervensi yang akan dilakukan tentunya akan lebih mudah dan fokus dilaksanakan dan selain itu tenaga kesehatan juga mempunyai “waktu” yang cukup dalam membuat rencana tindakan/intervensi yang sesuai.

Bila penyimpangan terlambat diketahui, maka intervensinya tentu akan lebih sulit dan hal ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak.  Ada 3 jenis deteksi dini tumbuh kembang yang dapat dikerjakan oleh Tenaga Kesehatan di tingkat puskesmas dan jaringannya, yaitu  :
  • Deteksi dini penyimpangan pertumbuhan, bertujuan untuk mengetahui dan menemukan status gizi kurang/buruk. Dilakukan dengan cara menggunakan pengukuran Berat Badan terhadap Tinggi Badan (BB/TB) dan pengukuran Lingkar Kepala Anak (LKA).
  • Deteksi dini penyimpangan perkembangan, bertujuan untuk mengetahui gangguan perkembangan anak (keterlambatan), gangguan daya lihat, gangguan daya dengar. Dilakukan dengan cara skrining atau Pemeriksaan Perkembangan anak menggunakan Kuisioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), Tes Daya Dengar (TTD) dan  Tes Daya Lihat (TDL).
  • Deteksi dini penyimpangan mental emosional, bertujuan untuk mengetahui adanya masalah mental emosional, autisme dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Dilakukan dengan cara Deteksi Dini Masalah Mental Emosional pada anak pra sekolah dengan menggunakan Kuisioner Masalah Mental Emosional (KMEE), Deteksi Dini Autis Pada Anak Prasekolah (menggunakan cheklis deteksi dini autis pada anak umur 18-36 bulan), Deteksi Dini Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) pada anak pra sekolah (menggunakan Formulir deteksi dini GPPH).
Pertemuan dengan guru TK dalam rangka koordinasi penjaringan anak TK

Guna mensukseskan kegiatan di atas maka dilaksanakan persiapan penjaringan kesehatan yang didalamnya terdapat kegiatan DDTK, selain kunjungan DDTK dilaksanakan juga pemeriksaan gigi dan penyuluhan kesehatan bagi anak anak TK, Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. GUna persiapan kegiatan pada tanggal 26 Juli 2016 kemarin dilaksanakan pertemuan lintas sektor dengan guru TK sebagai langkah pesiapan dan koordinasi sebelum dilaksanakannya penjaringan anak TK.