30.12.2017 – Kecamatan Argomulyo, Kecamatan Pertama di Kota Salatiga yang Deklarasikan ODF

Pembacaan Ikrar Deklarasi ODF




Selamat pagi menjelang siang Sahabat JoSe.... Akhirnya Kecamatan Argomulyo pada Hari Jum’at, 29 Desember 2017 kemarin mendeklarasikan Kecamatan Argomulyo Open Defecation Free (ODF) atau lebih dikenal dengan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. Sedangkan desa/kelurahan ODF (Open Defecation Free)  adalah desa/kelurahan yang 100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat, yaitu mencapai perubahan perilaku kolektif terkait Pilar 1 dari 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

 

Acara dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Ikrar, penandatanganan naskah kelurahan ODF, sambutan dan pengarahan Wakil Walikota Salatiga, sambutan Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah, menyanyikan lagu Mars Salatiga ODF, kemudian ditutup dengan doa dan penutup.

 

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Salatiga, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi yang diwakili oleh Ibu Rita Utrajani, SKM, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga beserta staff, Kepala Puskesmas se-Kota Salatiga dan staff HS, Camat Argomulyo beserta staff, Camat se-Kota Salatiga, Tim Verifikasi ODF tingkat Kelurahan, Ketua Kelsi di Kecamatan Argomulyo, Perwakilan RW se-Kecamatan Argomulyo, Perwakilan dari PKK Kecamatan Argomulyo, kader kesehatan di Kecamatan Argomulyo, Lurah se-Kota Salatiga, Kasi Kesra se-Kota Salatiga, Babinsa Kecamatan Argomulyo, serta Babinkamtibmas Kecamatan Argomulyo.

 

Acara dimulai pukul 08.30 WIB dan diakhiri pukul 10.00 WIB. Dengan deklarasi ini diharapkan masyarakat senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Berikut adalah Ikrar Deklarasi ODF/ BABS Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun 2017 :

1.      Pertama, kami seluruh masyarakat Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga telah Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) atau Open Defecation Free (ODF).

2.      Kedua, akan tetap menjaga dan mempertahankan kondisi Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) yang sudah dicapai.

3.      Ketiga, akan meningkatkan akses jamban sehat dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

4.      Keempat, menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan kemandirian masyarakat demi terwujudnya akses universal.

 

Dengan deklarasi ODF di Kecamatan Argomulyo ini Wakil Walikota Salatiga berharap agar 3 kecamatan lain di Salatiga dapat mencontoh Kecamatan Argomulyo yang notabene merupakan kecamatan yang terletak di perbatasan dengan Kabupaten Semarang, bukan di pusat kota. Agar nantinya seluruh kecamatan dapat mendeklarasikan ODF sehingga Kota Salatiga merupakan Kota ODF. Wakil Walikota juga berharap masyarakat untuk tetap berperilaku sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

 

Penandatanganan Ikrar oleh Bp. Camat Argomulyo

Penandatanganan Ikrar oleh Bp. Wakil Walikota Salatiga

Sambutan Ibu Rita Utrajani, SKM, M.Kes.

Sambutan Wakil Walikota Salatiga

Foto Bersama Tim Verifikasi