Lomba Balita Tingkat Puskesmas Tegalrejo 2018


Kepala UPTD Puskesmas Tegalrejo dan Panitia foto bersama Juara I

Peran Wanita sebagai Pencetak Generasi Penerus Bangsa Bebas Stunting


 

Lomba Balita sehat kali ini bertepatan dengan Hari Kartini Sahabat JoSe... Semua panitia menggunakan pakaian adat Jawa loh. Nah momen ini mengingatkan kita akan peran penting wanita sebagai Pencetak Generasi Penerus Bangsa yang Bebas Stunting.

Apa sih perannya? Kenapa penting sekali? Karena Stunting dapat dicegah semenjak janin di dalam kandungan seorang wanita sampai umur 2 tahun ( merupakan golden ages yg disebut sebagai 1000 Hari Pertama Kehidupan ).

Mengingat pentingnya pencegahan stunting, pemerintah berupaya melakukan pencegahan melalui berbagai kegiatan. Antara lain, pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, promosi ASI eksklusif, promosi makanan pendamping ASI. Ada pula pemberian suplemen gizi mikro (Taburia), suplemen gizi makro (PMT), tata laksana gizi kurang/ buruk, suplementasi vitamin A , promosi garam iodium, air bersih, sanitasi, dan cuci tangan pakai sabun, pemberian obat cacing, serta bantuan pangan nontunai.

Oleh karena itu peran wanita di sini sangat penting dalam hal kecukupan gizi calon bayi dan juga keberhasilan generasi penerus bangsa. Ibu sehat, anak pun sehat.

Selamat untuk pemenang Lomba Balita Sehat hari ini. An. Marcellino Edgar (kategori umur 6 bulan-24 bulan) dan An. Scholastica (kategori umur 25 bulan-5 tahun) yg akan mewakili Puskesmas Tegalrejo di Lomba Balita Sehat tingkat Kota Salatiga...
Semoga lancar dan menginspirasi bayi dan balita sehat lainnya yaa adek dan ibunya...

Hadiahnya ada piala dan pengenalan GERMAS ( makan buah dan sayur setiap hari ) pada anak berupa boneka buah nih Sahabat JoSe hehehe... Semoga bermanfaat yaa... -hk-
.
.
#harikartini
#lombabalitasehat
#emansipasiwanita
#GERMAS
#promkes
#puskesmastegalrejosalatiga