Bulan Agustus, Bulan Vitamin A, Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Berumur 6 bulan sampai 59 bulan.

Agustus - Bulan Vitamin A


Dua hari lagi kita memasuki Bulan Agustus. Tahukah kamu Sahabat JoSe kalo Bulan Agustus adalah merupakan Bulan Vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu zat gizi mikro mempunyai manfaat yang sangat penting bagi tubuh manusia, terutama dalam penglihatan manusia. Seperti diketahui Vitamin A merupakan vitamin larut lemak yang pertama ditemukan. Secara umum, vitamin A merupakan nama generik yang menyatakan semua retinoid dan prekursor/provitamin A/ karotenoid yang mempunyai aktivitas biologik sebagai retinol.

Mengapa Harus Memberikan Suplementasi Vitamin A kepada Anak Berumur 6 sampai 59 Bulan?

1. Vitamin A Penting
Vitamin A adalah zat gizi penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi anak-anak membutuhkannya untuk dapat bertahan hidup dan berkembang.
2. Sumber Vitamin A Berasal dari Makanan dan Suplemen
Makanan yang kaya akan vitamin A termasuk Air Susu Ibu (ASI) dan pangan hewani
seperti daging merah, ikan, dan produk susu. Vitamin A juga terdapat pada sayuran bewarna hijau misalnya sayur bayam, serta buah-buahan berwarna merah dan oranye seperti mangga, ubi jalar, dan wortel. Anak yang tidak mendapat asupan makanan yang cukup perlu diberi suplementasi vitamin A untuk mencegah Kurang Vitamin A (KVA).
3. Tanpa Vitamin A, Anak akan Mengalami Kurang Vitamin A (KVA)
Diperkirakan 190 juta anak berumur 6-59 bulan di dunia ini mengalami Kurang Vitamin A (KVA). KVA dapat menyebabkan kebutaan dan meningkatkan penyakit infeksi pada anak, seperti diare, campak, dan lain-lain. KVA juga menjadi salah satu penyebab utama kematian pada anak. Dengan demikian pencegahan KVA sangat penting dalam program peningkatan harapan hidup anak.
4. Pemberian Suplementasi Vitamin A Secara Universal Dapat Mengurangi Angka Kematian Anak
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan pemberian suplementasi vitamin A setiap 6 bulan kepada semua anak berumur 6-59 bulan, yang tinggal di negara yang mengalami masalah
KVA mulai tingkat sedang sampai tingkat berat. Ini bukan tindakan pengobatan, tetapi tindakan pencegahan KVA. Suplementasi vitamin A secara universal dapat mengurangi angka kematian anak hingga 24%.

Tentang Vitamin A
1. Kapsul Vitamin A Terdiri dari 2 Kode Warna dan Dosis Sesuai Umur Anak
· Kapsul berwarna biru mengandung 100.000 SI vitamin A untuk anak berumur 6-11 bulan.
· Kapsul berwarna merah mengandung 200.000 SI vitamin A untuk anak berumur 12-59 bulan.
2. Berikan Vitamin A Setiap 6 Bulan
Mulai umur 6 bulan, anak-anak harus diberikan 1 dosis vitamin A setiap 6 bulan sampai mencapai umur ulang tahun yang ke-5.
3. Vitamin A Aman
Vitamin A aman diberikan untuk anak-anak. Delapan miliar dosis vitamin A telah dibagikan di seluruh dunia sejak 1997. Tidak ada kasus kematian yang dilaporkan karena suplementasi vitamin A, dan dapat diberikan dengan vaksinasi, tablet obat cacing, multivitamin, dan makanan yang difortifikasi.
4. 5 Manfaat Vitamin A
Suplementasi vitamin A membuat tubuh anak menjadi sehat dan kuat dengan cara:
1) mencegah kebutaan anak (xeroftalmia),
2) meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
3) menurunkan risiko kematian pada bayi dan balita hingga 24%,
4) menurunkan angka kejadian dan keparahan penyakit diare dan campak, dan
5) menurunkan anemia.

5. 5 Efek Samping yang Jarang Terjadi dan Bersifat Sementara
Sekitar 5 dari 100 anak mengalami satu atau lebih efek samping dari suplementasi kapsul vitamin A. Efek samping berlangsung paling lama 48 jam setelah anak mendapat vitamin A dan akan menghilang dengan sendirinya. Dalam kasus yang jarang terjadi*, efek sampingnya meliputi:
1) mual,
2) muntah,
3) sakit kepala,
4) hilang nafsu makan, atau
5) pembengkakan pada ubun-ubun (bagian lunak di atas kepala). Jika gejala efek samping berlangsung lebih dari 2 hari, atau jika timbul gejala lainnya, segera bawa anak ke fasilitas kesehatan (puskesmas atau rumah sakit).

Oleh karena itu, pastikan putra-putri Ibu-Ibu/Mbak-Mbak Sahabat JoSe mendapatkan kapsul Vitamin A pada Bulan Agustus ini di Posyandu yaaa…. Jangan lupa! 😊
#bulanvitaminA
#agustusvitaminA
#puskesmastegalrejo
#promkesftgizi