Pastikan Bayi dan Balita Anda Mendapat Vitamin A di Bulan Vitamin A

Bulan Vitamin A


Sahabat JoSe, sudah tahukah kamu kalau Bulan Februari dikenal sebagai Bulan Vitamin A??
Bulan Vitamin A adalah bulan diberikannya vitamin A kepada bayi dan balita usia 6 sampai 59 bulan. Bagi warga yang memiliki balita usia 6 sampai 59 bulan bisa mendapatkan vitamin A gratis. Bulan gratis vitamin A lainnya ialah Agustus. Tak heran jika ada sebutan bulan Februari adalah Bulan Vitamin A. Vitamin ini bisa didapatkan di Posyandu dan Puskesmas.


Apa itu Vitamin A
Vitamin A adalah salah satu zat gizi yang sangat berguna untuk kesehatan mata ( agar dapat melihat dengan baik ) dan untuk kesehatan tubuh ( meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit).


Cara Mendapatkan Vitamin A
Vitamin A ini baik yang biru atau yang merah tidak diperjualbelikan secara bebas, dapat diperoleh di posyandu dan puskesmas pada Bulan Februari dan Bulan Agustus secara GRATIS. Anak yang kekurangan vitamin A untuk  waktu jangka lama akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada mata dan apabila tidak cepat mendapat vitamin. A akan mengakibatkan kebutaan.


Mengapa Anak Perlu Mendapat Vitamin A
Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan, dan yang lebih penting lagi, vitamin A dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang cukup mendapat vitamin A akan menjadi lebih kebal dan apabila terkena diare, campak atau penyakit infeksi lain, tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwa anak.
Di samping pada kegiatan rutin, suplementasi Vitamin A juga diberikan pada situasi khusus seperti pada Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit campak dan penyakit infeksi lainnya, kasus gizi buruk dan apabila ditemukan kasus xerophthalmia. Di samping itu pada kejadian bencana alam, bayi dan Balita di pengungsian juga diberikan kapsul Vitamin A untuk meningkatkan daya tahan dan mencegah terjadinya kondisi yang lebih buruk.


Cara Mencegah Kurang Vitamin A
Vitamin A merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia, Zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar. Makanan sumber Vitamin A sebagian besar berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati, namun beberapa produk nabati juga mengandung Vitamin A terutama sayur-sayuran berwarna seperti wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong. Di samping dari produk alami, Vitamin A juga dapat berasal dari hasil rekayasa yang diperkaya (fortifikasi) pada beberapa bahan pangan seperti dalam minyak goreng, margarin, susu dan beberapa jenis mie instant. Selain itu ada satu sumber Vitamin A yang sangat potensial dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan tubuh khususnya pada bayi dan Balita yaitu suplementasi Vitamin A melalui pemberian kapsul Vitamin A.


Oleh karena itu, pastikan bayi dan balita Anda usia 6 sampai 59 bulan mendapatkan vitamin A secara gratis di Posyandu terdekat ya Sahabat JoSe….
#vitaminA #BulanVitA