Kenalkan MARS GERMAS, Germas Bersama Kader Kesehatan dalam SEMARAK GERMAS

Semarak GERMAS Puskesmas Tegalrejo Salatiga
Senam Bersama
GERMAS merupakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang sedang digalakkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari menuju masyarakat yang lebih sehat. Dalam rangka kampanye gerakan tersebut, Puskesmas Tegalrejo Salatiga mengadakan kegiatan SEMARAK GERMAS. Dimana kegiatan ini melibatkan seluruh kader kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Tegalrejo. Terdiri dari kader posyandu balita, kader posyandu lansia, serta kader kelurahan siaga (kelsi). SEMARAK GERMAS kali ini bertemakan “ORA GERMAS ORA SEGER, ORA GERMAS AMBYAAAAR MAAAAS….”
Acara Semarak GERMAS ini mengusung konsep GERMAS yang mana menerapkan poin A, B, dan C, yaitu Aktifitas Fisik, Buah dan Sayur Konsumsi Setiap Hari, serta Cek Kesehatan secara Rutin. Tak lupa juga pengenalan kepada kader kesehatan tentang lagu MARS GERMAS.

Kegiatan SEMARAK GERMAS diawali dengan registrasi peserta, pemeriksaan tekanan darah oleh Bu Driya, Bu Rina, dan Bu Made, pembukaan oleh MC (Mas Yosep dan Bu Endah), pembacaan doa (Pak Rojikin), sambutan dari Ibu Kusdini selaku Kepala Puskesmas Tegalrejo, menyanyikan lagu MARS GERMAS, senam bersama dipandu oleh instruktur senam, penyuluhan kesehatan (Mb Winda dan Mas Andika) serta pembagian doorprize, foto bersama dan pembuatan video GERMAS, ditutup dengan makan sayur dan buah bersama.

SEMARAK GERMAS mencerminkan GERMAS karena mulai dari panggung, snack, serta doorprize pun menggunakan sayur-sayuran dan buah-buahan. Hal ini diharapkan dapat menjadi contoh kepada kader kesehatan yang hadir untuk menerapkan GERMAS dalam kesehariannya serta dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sekitarnya untuk menerapkan GERMAS. Seperti tema yang sudah diusung “ORA GERMAS ORA SEGER, ORA GERMAS AMBYAAAAR MAAAAS” yang artinya “Tidak Germas, tubuh menjadi tidak bugar. Tidak Germas, tidak sehat mas.”

Oleh karena itu, Ayo Sahabat JoSe! Terapkan GERMAS sekarang juga karena Sehat Diawali dari Saya! Salam GERMAS! Sehat, Bugar, Produktif! Cegah Stunting Itu Penting!